7 Penyebab Promosi Anda Tidak Efektif - bagian 1
Halo marketer! Apa kabar hari ini? Sudah menjalankan program promosi?
|
Tujuh Penyebab Promosi Anda Tidak Efektif - bagian 1 |
Entah Anda sudah memulai berpromosi atau berencana untuk memulai, semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis Anda. Langsung saja, ini alasan pertama Penyebab Promosi Anda Tidak Berjalan Dengan Efektif!
1. Promosi Tidak Sesuai Dengan Target Market AndaSun Tzu dalam 'The Art of War' mengatakan "Kenali dirimu dan kenali musuhmu, maka engkau akan selalu memenangkan peperangan".
|
Kenali dirimu. Kenali musuhmu. Seribu peperangan, seribu kemenangan. - Sun Tzu, Seni Berperang - |
Mengenali produk kita sendiri itu mudah, namun jika Anda tidak mengenali target market Anda dengan presisi, maka Anda tidak tahu iklan seperti apa yang membuat mereka membeli produk Anda, kapan Anda meluncurkan iklan Anda, dan jenis2 promosi apa saja yang akan menarik perhatian mereka.
TIPS : riset target market Anda sebisa mungkin, tuliskan secara spesifik segala sesuatunya tentang target market Anda. Apa saja itu? Berikut ini yang biasa dilakukan para marketer:
1.
Profil : umur, pendidikan, jenis kelamin, jabatan, status pernikahan, punya anak/cucu atau tidak? Dll
2.
Geografis : lokasi tinggal, lokasi bekerja, lokasi berlibur, lokasi menghabiskan weekend, dsb.
3.
Profil di dunia internet : di media sosial mana mereka bergabung dan sering eksis, topik apa yang mereka minati, trending topic apa yang sedang mereka ikuti, dsb.
4.
Behaviour/perilaku : bagaimana cara mereka membeli produk Anda? Apakah melalui website? Atau mereka harus datang ke toko Anda? Atau cukup order melalui BBM/WA/LINE/Sms? Beberapa bisnis memerlukan meeting dan presentasi agar produk terjual, terutama bisnis B2B.
5.
Pain point / kesulitan yang dihadapi : apa kesulitan/kebutuhan mereka dalam hubungannya dengan produk Anda. Tidak selalu apa yang mereka butuhkan, bisa juga kesulitan mereka dalam mencari/membeli barang yang dibutuhkan. Ini yang menjadi acuan ketika menulis copy writing yang tepat. Kita akan bahas copy writing lebih dalam di artikel lain.
6.
Want / keinginan : apa yang menjadi keinginan target market Anda? Apakah itu produk yang sama tapi pengiriman lebih cepat? Produk yang lebih awet? Ketersediaan warna lain?
Tidak semua daftar riset target market ini dibutuhkan atau dipakai dalam menentukan promosi yang tepat bagi bisnis Anda. Mungkin ada hal2 lain yang kurang dicantumkan
, sangat tergantung dari jenis usaha dan produk masing-masing :)
Apakah ada yang mau menambahkan? Tuliskan di kolom komentar yak!
Salam,
Prayoga Petra
"We help you building a strong brand"SOLVER Creative Agency
CV. Solverindo Trinitas
prayogapetra@gmail.com
0 comments